Alasan-pentingnya-riset-pasar-sebelum-memulai-bisnis

Alasan pentingnya riset pasar sebelum memulai bisnis

– Saat membangun bisnis, Anda tidak hanya mengandalkan peluang, tetapi juga pengetahuan pasar yang mendalam untuk mengidentifikasi potensi pasar sasaran dan meminimalkan risiko. Oleh karena itu, diperlukan riset pasar yang baik dan akurat.

Persaingan dunia bisnis, apalagi di masa pandemi seperti saat ini menjadi semakin sengit. Cukup banyak perusahaan yang terpaksa mengalah keadaan hingga mereka menutup usahanya untuk selamanya. Di sisi lain, pandemi telah menciptakan peluang bisnis baru, terutama yang menggunakan platform digital.

Alasan pentingnya riset pasar sebelum memulai bisnis

Alasan-pentingnya-riset-pasar-sebelum-memulai-bisnis

Baca juga:
– 9 halaman template PPT gratis yang cocok untuk kuliah dan bisnis
– Tips membuat video pendek untuk bisnis online
– Cara membuat iklan di facebook ads, membangun bisnis lebih luas
– Bisnis Laris Lancar, Ini adalah plugin WordPress untuk toko online

Membangun bisnis tidak hanya bergantung pada peluang yang tersedia, tetapi lebih dari itu. Salah satu kunci terpenting yang harus dilakukan oleh calon pelaku bisnis sebelum membangun atau mengembangkan bisnis adalah melakukan riset pasar yang baik dan benar.

Head of Business: Market Research & Crowdsourcing Marketing Sideways

, platform solusi manajemen tenaga kerja yang komprehensif, Taris Adani mengatakan: “Perkembangan suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh pasar karena disitulah produk atau jasa ditawarkan kepada konsumen. Oleh karena itu, riset pasar diperlukan sebelum berbisnis untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang akan ditawarkan memenuhi kebutuhan pasar.”

Lantas apa sebenarnya fungsi atau manfaat riset pasar yang penting sebelum memulai bisnis, Taris Adani merangkumnya dalam lima poin utama.

1. Kenali karakter target pasar lebih dalam

Fungsi riset pasar yang pertama adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang karakter konsumen yang menjadi target pasar dari produk tersebut.
Didukung oleh GliaStudio

“Dengan mengenal karakter konsumen lebih baik, perusahaan mengetahui apa yang diinginkan pasar sehingga mampu menawarkan layanan dan produk yang sesuai. Selain itu, mengetahui karakter konsumen dan target pasar juga membantu perusahaan atau pelaku usaha menemukan tempat yang tepat untuk menjalankan bisnisnya,” ujar Taris.

2. Analisis strategi pesaing

Persaingan yang ketat dalam dunia bisnis saat ini membuat penting bagi para pelaku bisnis untuk mengetahui apa yang dilakukan para pesaing dalam usahanya. Hal ini dapat menentukan strategi atau sikap yang perlu kita ambil untuk menjalankan bisnis.

Riset pasar dilakukan untuk mempelajari dan menganalisis strategi apa yang digunakan pesaing untuk menjual produk mereka. Dengan demikian, pelaku ekonomi dapat merumuskan strategi yang lebih baik dari pesaingnya, sehingga potensi dan peluang memenangkan persaingan lebih besar.
Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (pixabay)
Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (pixabay)

3. Mengetahui kebutuhan dan kebutuhan pasar

Bagaimana perusahaan atau perusahaan bisa yakin bahwa produknya benar-benar akan diterima dan memenuhi tuntutan dan kebutuhan konsumen? Cara untuk mengetahuinya adalah melalui riset pasar.

Dengan meriset pasar sasaran, pelaku ekonomi dapat mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini akan menjadi peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.

“Untuk itu, di Samping, kami selalu melakukan riset pasar sebelum meluncurkan layanan atau produk baru. Selain itu, kami juga memiliki layanan riset pasar yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam merumuskan strategi perusahaan.” kata Taris.

4. Mencari peluang baru

Riset pasar dapat meningkatkan peluang mendapatkan lebih banyak penjualan dan keuntungan. Taris mengatakan, “Peluang baru ini tidak hanya terbatas pada pasar lokal, tetapi juga tidak menutup kemungkinan pengembangan pasar di daerah lain dan luar negeri. Selama ada kebutuhan dan permintaan pasar dari konsumen yang diidentifikasi berdasarkan riset pasar, perusahaan telah menciptakan peluang dan peluang baru di tempat yang berbeda.”

5. Mengatasi keterbatasan dan resiko

Mau tidak mau, ada batasan dan risiko dalam bisnis apa pun dan ini harus dipertimbangkan sejak awal sebelum memulai bisnis. Bisnis atau perusahaan yang telah memperhitungkan secara matang hambatan dan risiko apa yang mungkin mereka hadapi akan lebih mampu bertahan. Berbagai jenis resiko dan kendala yang mungkin timbul selama operasional bisnis dapat terjadi

Baca Juga :

https://bursakamera.co.id
https://disparbudtanggamus.id
https://gadgetplus.id
https://eproposal.id
https://bprsmh-bandung.co.id
https://ligo.co.id
https://fraksipks-kabbogor.id

Rate this post