Fungsi Brand Awareness dalam Bisnis

Fungsi Brand Awareness dalam Bisnis

10 manfaat kesadaran merek untuk bisnis

Fungsi Brand Awareness dalam Bisnis

Manfaat dari kesadaran merek dirasakan saat bisnis Anda mendapatkan pengakuan yang meningkat. Kesadaran yang kuat dapat mendorong pencapaian berbagai tujuan lain dalam rencana bisnis Anda.

Alasan untuk ini adalah bahwa kesadaran merek adalah ujung tombak pemasaran. Tak heran jika kesuksesannya seringkali berujung pada efek domino yang sangat menguntungkan.

Sebelumnya, Anda telah mempelajari apa itu kesadaran merek. Daftar manfaat kesadaran merek di bawah ini menunjukkan mengapa kurangnya kesadaran merupakan kerugian besar.

Manfaat jangka panjang dari kesadaran merek

Ada manfaat tak terbatas untuk membangun dan mempertahankan kesadaran yang kuat. Berikut adalah 10 manfaat utama dari kesadaran merek.
1. Meningkatkan penjualan produk dan layanan

Tujuan membangun brand awareness adalah untuk membuat perusahaan lebih dikenal. Semakin banyak orang tahu, semakin tinggi peluang menang di pasar.

Perusahaan yang menguasai pangsa pasar menghasilkan penjualan yang lebih tinggi dari pesaingnya. Menurut Forbes, menjaga kesadaran dapat meningkatkan penjualan produk hingga 23%.
2. Kedekatan emosional dengan konsumen

Kesadaran dapat berhubungan dengan membangun persahabatan yang erat.

Dalam sebuah persahabatan, semakin lama Anda mengenal, biasanya Anda akan memiliki kedekatan emosional. Dalam konteks bisnis, ini memainkan peran besar dalam membangun kepercayaan.

Ya, konsumen cenderung kembali ke merek yang sudah mereka percayai dan kenal. Menurut Termometer Pelanggan, 65% orang memiliki hubungan emosional dengan merek tertentu.
3. Konsumen setia

Sebelumnya terkait dengan manfaat brand awareness. Kedekatan emosional akhirnya berubah menjadi kesetiaan.

Lingkaran pelanggan setia ini membuat bisnis Anda tetap hidup bahkan dalam kondisi yang tidak menguntungkan.

Contoh: Perusahaan Anda meluncurkan rasa baru dan ternyata konsumen tidak terlalu menyukainya. Untuk pelanggan yang tidak loyal, pengalaman negatif ini menghalangi mereka untuk membeli lagi.

Di sisi lain, pelanggan setia memiliki toleransi yang lebih tinggi untuk tinggal bersama Anda.
4. Testimoni Konsumen

Anda mungkin membeli bahan makanan di suatu tempat berkat rekomendasi teman. Ya, itulah manfaat dari brand awareness yang kuat.

Bahkan tanpa diminta, konsumen dengan kedekatan emosional biasanya merekomendasikan perusahaan Anda kepada orang lain.

Penjualan akan meningkat karena keputusan pembelian cenderung lebih kuat berdasarkan rekomendasi. Apalagi jika itu berasal dari teman atau sumber yang kredibel.

Di satu sisi, referensi dari konsumen juga memperkuat brand awareness. Anda mendapatkan keuntungan dua kali!
5. Puncak pikiran

Berada di puncak kesadaran konsumen adalah tingkat kesadaran tertinggi. Ini seperti menanamkan sesuatu di kepala seseorang.

Singkatnya, Top of Mind adalah nama yang muncul pertama kali ketika konsumen memikirkan sesuatu yang relevan dengan bisnis Anda.

Bukan hanya kategori, tetapi relevansinya bisa berupa bentuk, warna, tekstur, dan lainnya.

“Sebutkan salah satu merek mie instan terenak dari Indonesia.”

Jawaban untuk rata-rata orang pasti indomie, meski ada juga yang punya jawaban lain.

Ini adalah manfaat terbesar dari kesadaran merek, terutama untuk perusahaan besar. Produk Anda selalu ditampilkan sebagai pilihan pertama, bukan alternatif.
6. Meningkatkan kesadaran merek

Kesadaran merek adalah bagian dari strategi kesadaran merek. Ini adalah upaya untuk membuat merek Anda lebih dikenal, baik secara visual maupun non-visual.

Kesadaran dapat meningkatkan kesadaran merek melalui stimulasi sensorik. Cukup dengan melihat, mendengar atau merasakan sedikit untuk mengenalinya.

Contoh pengenalan visual adalah logo dan bentuk kemasan. Sedangkan introduksi non visual berupa theme song misalnya.

Ketika Anda mendengar sebuah lagu, Anda sering tiba-tiba harus memikirkan sebuah produk. Misalnya lagu “Cari Jodoh” karya Wali sangat identik dengan produk “Kuku Bima”.
7. Pengenalan Produk Baru

Memang benar manfaat brand awareness seperti efek domino.

Anggap saja Anda telah berhasil membangun kesadaran merek. Secara tidak langsung, ini seperti tiket emas jika Anda ingin merilis produk baru.

Orang-orang lebih sadar meskipun produk baru karena mereka tahu merek sebelumnya.

Perusahaan besar sering menambahkan produk baru di bawah satu merek, bahkan jika mereka benar-benar independen satu sama lain.

Contohnya Yamaha yang selama ini dikenal sebagai produsen mobil. Tahukah Anda bahwa mereka juga membuat alat musik?
Manfaat kesadaran merek

9. Pengumpulan Data Konsumen

Seiring dengan semua manfaat kesadaran merek di atas, Anda dapat mengumpulkan data berharga dari konsumen.

Dari situ Anda bisa mengetahui siapa saja pelanggan Anda dan berapa banyak calon pembeli yang ada. Dengan bantuan berbagai alat analisis, data ini sangat berguna bagi tim pemasaran untuk mengoptimalkan kampanye berikutnya.

Anda juga dapat menggunakan data ini untuk membuat penawaran yang lebih dipersonalisasi kepada konsumen. Sebuah studi oleh Accenture menunjukkan bahwa 91% konsumen lebih suka ditawari produk yang dipersonalisasi.
10. Dapatkan karyawan terbaik

Meningkatkan kesadaran berarti menempatkan perusahaan Anda pada level tertinggi. Anda juga memiliki kesempatan untuk merekrut dan mempertahankan karyawan terbaik.

Anda tidak perlu khawatir mencari orang yang kompeten karena mereka akan datang dengan sendirinya. Itu berarti Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda dengan departemen sumber daya manusia terbaik.

Ini hanyalah manfaat tambahan dari kesadaran merek. Jarang menjadikan poin ini sebagai tujuan utama untuk meningkatkan kesadaran, tetapi manfaat seperti itu tidak boleh disia-siakan.
Bangun dan pertahankan kesadaran merek

Sekarang Anda tahu betapa pentingnya menginvestasikan waktu dan sumber daya dalam membangun kesadaran merek. Hal ini nantinya akan berperan penting dalam pertumbuhan perusahaan.

Ingatlah bahwa pekerjaan ini tidak dilakukan hanya sekali. Kesadaran merek yang kuat mengharuskan Anda terus melakukannya. Salah satu cara untuk membangun dan mempertahankan brand awareness adalah melalui iklan advertorial.

Sumber :