seo-on-page-yang-baik-dan-benar

Cara Melakukan SEO On page yang Baik Dan Benar

seo-on-page-yang-baik-dan-benar

Dalam ilmu SEO ada satu teknik yang cukup familiar dengan istilah SEO onpage. Selain cara optimasinya cukup mudah SEO onpage dirasa cukup mumpuni dalam optimasi sebuah website. Cara melakukan SEO on page agar bisa naik peringkat pada pencarian Google cukup mudah.

Ada beberapa faktor yang menjadikan website mudah ditemukan dalam pencarian Google. Faktor-faktor tersebut yang nantinya akan Anda optimasi agar website mudah dikenali. Langkah yang harus ditempuh untuk melakukan optimasi tersebut diantaranya:

  1. Gunakan Permalink Sederhana

Untuk permalink ini gunakan sesederhana mungkin. Idealnya cukup dengan fokus keyword. Contohnya seperti www.websiteanda.com/kaos-polos-katun. Namun tidak semua website bisa dengan sendirinya mengatur permalink yang hanya fokus pada keyword.

Anda harus bisa mengatasinya secara mandiri. Jika Anda menggunakan wordpress maka bisa dengan buka dashboard lalu pilihlah menu setting kemudian klik Permalink. Lalu pilihlah struktur permalink Post Name. Jika sudah Anda bisa klik save.

  1. Buat Judul Konten yang Menarik

Begitu pengunjung mengetikkan sebuah kata kunci maka akan ada beberapa website di halaman satu Google. Jika website Anda sudah ada pada posisi tersebut maka tinggal optimasi pada pembuatan judul yang menarik. Judul yang menarik akan membuat pengunjung untuk klik website Anda.

  1. Tambahkan Gambar atau Video

Sebuah artikel yang terdapat gambar atau video didalamnya jauh lebih menarik daripada yang tidak ada. Konten yang hanya berisi teks dan paragraf saja hanya membuat mata merasa lelah. Tidak perlu ada banyak gambar karena bisa memperlambat kecepatan website. Cukup dua atau tiga gambar saja yang ada pada konten.

Jasa SEO

  1. Optimasi Gambar

Adanya gambar tujuannya agar pengunjung betah berlama-lama di website Anda. Tapi agar mudah ditemukan di mesin pencari Anda harus melakukan optimasi pada gambar tersebut. Cara optimasi gambar bisa dengan memperkecil ukurannya.

Langkah optimasi selanjutnya adalah dengan memberikan nama pada file gambar yang di upload di website sesuai dengan fokus keyword. Lalu Anda juga perlu mengubah alt textnya dengan fokus keyword.

  1. Memanfaatkan Heading dan Subheading

Artikel pada website berbeda dengan karya ilmiah atau buku. Konten website yang bagus perlu di setting heading dan sub heading. Struktur konten yang Anda buat harus jelas dan rapi. Adanya heading ini selain memudahkan pengunjung menemukan apa yang mereka cari juga sangat ramah di mesin pencari Google.

  1. Focus Keyword Harus Ada di 100 Kata Pertama

Dalam meletakkan keyword juga ada aturannya. Pertama fokus keyword harus ada pada 100 kata pertama dalam satu paragraf. Kemudian untuk penyebaran keyword lainnya bisa menyebar bisa di tengah, heading dan di akhir paragraf.

Jangan sekali-kali menyebarkan fokus keyword ini terlalu berlebihan. Penyebaran fokus keyword ada porsinya. Mungkin Anda bisa menggunakan rumus 0,5% dari jumlah kata konten Anda.

Misalkan jumlah kata konten yang Anda buat 600 kata maka penyebarannya cukup 3 saja. Tapi jangan lupa untuk yang dua wajib di 100 kata pada paragraf pertama dan pada paragraf terakhir juga wajib ada.

  1. Gunakan Tema Responsive (Mobile Friendly)

Tema yang akan Anda gunakan hendaknya yang responsif. Usahakan juga yang bisa di setting untuk mobile friendly. Hal ini bertujuan agar pengunjung yang datang melalui perangkat seluler mereka dapat nyaman ketika membaca informasi di dalam konten pada website Anda.

  1. Sisipkan Outbound Link

Optimasi SEO onpage bisa dilakukan dengan cara memasukkan outbound link pada artikel. Outbound link yang Anda masukkan dalam artikel jangan sembarangan. Pastikan berasal dari media yang cukup besar dan reputasinya bagus.

Outbound link sering kali digunakan untuk menunjukkan link sumber dari artikel yang Anda buat. Dengan adanya link outbound ini sebenarnya berguna juga untuk memperkaya ilmu pengetahuan pengunjung. Jadi pengunjung serasa dimanjakan ketika mengunjungi website Anda.

  1. Memaksimalkan Internal Link

Anda juga bisa memaksimalkan internal link dengan tujuan agar pengunjung dengan mudah mencari informasi selengkapnya yang masih berkaitan dengan yang sedang dibaca pada konten Anda.

Internal link ini penting karena dapat digunakan juga sebagai cara jitu agar pengunjung tertarik melihat konten Anda yang lainnya. Dan juga memudahkan bagi mereka karena tinggal klik pada internal link yang sudah Anda buat.

  1. Tingkatkan Kecepatan Website

Website yang memiliki kecepatan lambat tidak hanya kurang disukai pengunjung tapi Google juga tidak begitu menyukainya. Loading yang lambat dapat mempengaruhi artikel atau konten Anda lama terindeks. Jika hal ini terus terjadi tidak akan ada yang betah menjadi pengunjung setia website Anda meskipun konten Anda bagus.

Jasa SEO Murah

Kualitas loading website yang buruk berpengaruh juga pada SEO. Oleh sebab itu, Anda wajib meningkatkan kecepatan website jika tidak ingin kualitas SEO Anda buruk. Dan pengunjung pada kabur satu per satu.

  1. Gunakan LSI Keyword

Untuk fokus keyword hanya diperlukan beberapa kali saja pengulangannya dalam satu artikel. Jika mengulang terlalu banyak kurang bagus juga untuk konten Anda. Google bisa menganggap itu sebagai spamming keyword. Pengunjung pun kurang nyaman saat membaca banyak pengulangan kalimat yang menjadi fokus keyword.

Untuk mengatasi itu semua Anda bisa menggunakan LSI Keyword. LSI Keyword adalah sebuah kalimat yang masih mirip dan relevan dengan fokus keyword Anda.

  1. Tambahkan Tombol Share Sosial Media

 

Terlihat tidak begitu penting tapi sebenarnya pengaruhnya sangat besar. Dengan Anda memberikan tombol share sosial media pengunjung yang menyukai dengan konten yang Anda buat tidak akan ragu dalam men share ke sosial media mereka.

Secara tidak langsung adanya tombol sosial media ini juga menjadi pembujuk yang baik yang tertanam dalam otak bawah sadar pengunjung untuk share konten Anda. Jika tidak ada tombol tersebut belum tentu pengunjung berpikiran sampai ingin share.

  1. Perhatikan Panjang Konten

Panjang konten sangat berpengaruh pada pencarian Google. Saat ini banyak yang membuat sebuah konten minimal adalah 1000 kata. Kalau dulu mungkin 500 kata sudah cukup. Tapi untuk saat ini semakin tingginya kompetitor yang menyediakan informasi super lengkap membuat mereka berlomba-lomba menyajikan konten yang bagus dan lengkap.

Namun, Anda juga bisa juga dengan melihat terlebih dahulu artikel kompetitor di halaman pertama Google itu rata-rata berapa. Jika kebanyakan hanya 500an kata Anda bisa buat 800 – 1000 kata. Jika ternyata kompetitor Anda buat konten lebih dari itu maka Anda buat yang lebih lengkap bahkan detail poin per poin nya.

  1. Pastikan Konten yang Anda Buat Harus Berkualitas dan Solutif

Percuma jika hanya membuat konten yang panjang tapi tidak berkualitas dan memberikan jawaban dari apa yang dicari pengunjung. Misalnya saja pada kata kunci “Cara Menanam Biji Kurma”. Anda bisa fokuskan kepada langkah-langkah cara menanam sehingga pembaca bisa menemukan jawaban atas apa yang dicarinya.

Terkadang ada konten dengan keyword di atas tapi pembahasannya kemana-mana bahkan untuk fokus keywordnya justru tidak ada pembahasannya. Jika demikian pengunjung akan merasa kecewa dan tidak akan berkunjung kembali ke website Anda di kemudian hari.

  1. Aturlah Link menjadi Open in New Tab

Banyak yang masih memandang sebelah mata pembukaan link new tab ini. Padahal hal ini bisa meningkatkan kualitas dari pengalaman user ketika mengunjungi website Anda. Jika Anda sudah mengatur menjadi open in new tab, pengunjung akan dengan mudah membuka konten secara sekaligus.

Nah, berikut tadi cara melakukan SEO onpage yang baik dan benar. Optimasi SEO ini tidak lagi menjadi hal yang sulit selama Anda bisa mengikuti langkah yang sudah dipaparkan di atas dengan seksama. Jangan lupa setelah ini harus praktek. Karena tanpa praktek Anda tidak akan tahu hasilnya.